Home » » Cara mengunci file penting dan rahasia di laptop tanpa software khusus

Cara mengunci file penting dan rahasia di laptop tanpa software khusus

Komputer/laptop merupakan suatu alat elektornik yang paling banyak digunakan  khususnya dikalangan mahasiswa dan para pekerja kantoran, bahkan hampir seluruh pekerjaan menggunakan komputer, hal ini disebabkan selain mempermudah, komputer juga dapat mempercepat pekerjaan manusia. Dengan adanya komputer pula manusia di mudahkan apabila ingin membuat, menyimpan serta mengolah data. Tetapi di era modern ini pula banyak manusia curang yang ingin mengambil dan mengetahui rahasia orang lain dengan cara mengubah bahkan  menghapus data pribadi seseorang.

Setiap orang pastinya memiliki privasi atau rahasia yang tidak ingin diketahui oleh orang lain, apalagi jika file privasi kita tersimpan di laptop/komputer yang kita gunakan sehari-hari ntah itu dalam bekerja untuk kuliah atau bahkan hanya untuk bermain saja.

Di artikel pertama saya ini, saya akan membagikan sedikit pengetahuan yang saya miliki buat para pembaca yang sering meyimpan data–data penting yang sifatnya private dan tidak mau diketahui oleh orang lain seperti teman, tetangga, adik atau bahkan pacar kamu supaya tetap aman dan tidak akan dibaca, dilihat atau bahkan hilang terhapus sewaktu-waktu apabila laptop atau komputer yang anda punya dipinjam dan digunakan orang lain.

Baiklah langsung saja saya akan memberitahu bagaimana cara mengunci atau memberi password file penting dan rahasia di laptop atau komputer yang anda gunakan. Cara yang saya share ini adalah cara mengunci file tanpa software atau aplikasi khusus pengunci file yang tidak perlu anda download lebih dulu dan dapat menghabiskan kuota internet anda. Apalagi cara ini dapat digunakan di semua Operating System seperti, windows, linux dan lain-lain Cara ini hanya membutuhkan script yang bisa langsung anda copy dari artikel ini dan dapat langsung digunakan, berikut tutorialnya. Jangan lupa anda juga harus meng-inputkan password dan jangan sampai lupa karena itu bisa membuat file anda tidak akan bisa terbuka lagi. Langsung saja anda simak tutorialnya dibawah ini.

Cara ini mungkin agak sulit bagi sebagian orang yang masih awam tetapi disini saya akan menjelaskan secara detail dan akurat supaya semua pembaca dapat memahami tutorial dan langkah-langkah yang akan saya jelaskan. Silahkan anda perhatikan baik-baik OKE….

Untuk langkah pertama kali yang harus anda lakukan adalah membuat folder baru. Buatlah folder baru dimana saja untuk anda menyimpan file yang akan anda rahasiakan, kemudian buatlah nama folder tersebut sesuai dengan yang anda inginkan seperti “Dwiirwanda” lalu masuklah ke folder tersebut.Selanjutnya bukalah Notepad kemudian copy dan paste perintah script yang ada di bawah ini.
Cls

@ECHO OFF

title Folder Private

if EXIST “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}” goto UNLOCK

if NOT EXIST Private goto MDLOCKER

:CONFIRM

echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N)

set/p “cho=>”

if %cho%==Y goto LOCK

if %cho%==y goto LOCK

if %cho%==n goto END

if %cho%==N goto END

echo Invalid choice.

goto CONFIRM

:LOCK

ren Private “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”

attrib +h +s “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”

echo Folder locked

goto End

:UNLOCK

echo Enter password to unlock folder

set/p “pass=>”

if NOT %pass%== password goto FAIL

attrib -h -s “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”

ren “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}” Private

echo Folder Unlocked successfully

goto End

:FAIL

echo Invalid password

goto end

:MDLOCKER

md Private

echo Private created successfully

goto End

:End

Setelah script diatas telah di paste-kan ke Notepad carilah tulisan if NOT %pass%== password goto FAIL gantilah tulisan password sesuai dengan kode password yang anda inginkan untuk mengamankan file anda.Sebagai contoh seperti pada perintah yang saya buat dengan mengganti tulisan password menjadi dwiirwanda21 seperti pada gambar berikut. Kemudian save atau simpanlah file Notepad tersebut di file yang baru anda buat tadi serta beri nama menjadi bat dan untuk type file nya pilihla All Files (*.*). Lalu lihat apakah file locker sudah ada di file yang anda buat tadi.Setelah itu klik dua kali pada file tersebut, jika ada pertanyaan apakah anda yakin ingin mengunci file ini kemudian anda tekan “y” untuk menyetujui penggunaan password untuk mengunci file anda lalu tekan enter.Selanjutnya jika diminta untuk memasukkan password masukkan password yang sudah anda buat tadi serta dengan memperhatikan aturan penulisan yang sama dengan yang anda buat di perintah script tadi, kemudian tekan enter untuk membuka file anda yang telah terkunci.Setelah berhasil masuk dengan menggunakan password, maka akan muncul folder yang bernama Private di folder Dwiirwanda yang sudah saya buat di awal tadi, seperti pada gambar dibawah ini.Di folder Private tersebut anda bisa menyimpan semua file yang anda anggap sangat penting dan yang menurut anda sangat rahasia untuk di sembunyikan dari orang-orang yang tidak boleh mengetahui isi dari file tersebut.Dan apabila anda ingin mengunci dan sekaligus menyembunyikan folder private yang telah anda buat caranya dengan meng-klik dua kali (2x) pada file bat maka akan muncul pertanyaan : apakah kamu yakin kamu akan mengunci folder ini, langsung saja tekan tombol “y” pada keyboard anda yang berarti ya atau yes untuk menyetujui mengunci dan megamankan file anda.Hal yang harus dan sangat perlu anda perhatikan adalah setiap kali anda menyimpan atau membuka file di folder Private anda, pastikan setelah selesai meyimpan atau membuka file rahasia tersebut jangan sampai lupa untuk mengunci file yang telah anda simpan atau anda buka, karena itu sangat berbahaya untuk keamanan file rahasia anda. Untuk mengunci kembali file anda caranya sama dengan langkah yang diatas yaitu men-double klik pada file locker kemudian tekan tombol “y” lalu enter untuk setuju mengunci file tersebut.
Demikian sedikit tips dan trik yang dapat saya share pada artikel yang berjudul cara mengunci dan mengamankan folder di laptop atau komputer tanpa menggunakan aplikasi atau software khusus, saya harap informasi yang saya bagikan ini bisa bemanfaat bagi siapa saja yang membaca artikel ini terutama kepada anda yang ingin rahasia atau privasi anda tidak ingin terbongkar dan tidak ingin diketahui oleh siapapun dan bisa aman tersimpan di laptop dan komputer anda

Thanks for reading Cara mengunci file penting dan rahasia di laptop tanpa software khusus

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment