Home » , , , » YUK, KENALI APA ITU DESAIN KOMUNIKASI VISUAL!

YUK, KENALI APA ITU DESAIN KOMUNIKASI VISUAL!

Apa itu jurusan desain komunikasi visual? Pertanyaan itu pasti ada dalam benakmu ketika mendengar tentang jurusan tersebut. Banyak yang menyamakan desain komunikasi visual dengan desain grafis atau bidang desain lainnya.

Anggapan itu tidak begitu saja benar. Sebab, jurusan desain komunikasi visual tidak sama dengan jurusan desain grafis. Meski memiliki banyak persamaan dengan desain grafis, desain komunikasi visual juga memiliki banyak perbedaan. Biar kamu tidak penasaran, yuk, simak informasi mengenai desain komunikasi visual berikut!

 

Pengertian Desain Komunikasi Visual

Desain komunikasi visual adalah cabang ilmu desain yang mempelajari  konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu. Tujuan tersebut bisa berupa memberikan informasi atau mempengaruhi pikiran orang lain.

Sebagai sebuah ilmu, desain komunikasi visual tidak hanya berpegangan pada ilmu desain semata melainkan juga dengan beberapa cabang ilmu lainnya, seperti komunikasi, psikologi, dan seni rupa. Jadi, dapat dikatakan kalau desain komunikasi visual hasil pencampuran beberapa ilmu dengan ilmu desain sebagai dasarnya.

 

Apa Saja yang Dipelajari dalam Desain Komunikasi Visual

Ilmu dasar yang bakal dipelajari di desain komunikasi visual ialah dasar-dasar ilmu desain, seperti menggambar, tipografi, fotografi, ilustrasi, sejarah desain, dan lain sebagainya. Lalu, kamu juga akan mendapatkan beberapa pelajaran dari ilmu selain desain, seperti ilmu komunikasi dasar, psikologi komunikasi, bahasa rupa, dan lain sebagainya.

Biasanya, di jurusan desain komunikasi visual memiliki tiga pembidangan lagi, yakni komunikasi grafis, visual periklanan, dan komunikasi multimedia. Ketiga pembidangan ini akan menjadi pilihan pada semester 6 perkuliahan. Pada pembidangan komunikasi grafis, kamu akan mendapatkan mata kuliah pengkhususan, yakni desain grafis tingkat lanjut, grafis portofolio, perspektif desain grafis, dan lain sebagainya.

Lalu, pada pembidangan visual periklanan, mata kuliah khususnya ialah komunikasi visual periklanan tingkat lanjut, tata kelola bisnis periklanan, visual branding, dan lain sebagainya. Dan, pada pembidangan komunikasi multimedia, kamu akan mendapat mata kuliah khusus komunikasi visual multimedia tingkat lanjut, videografi, media interaktif, dan lain sebagainya.

Selain mata kuliah wajib tersebut, ada beberapa mata kuliah pilihan yang bisa dipilih oleh mahasiswa bergantung kebutuhan penelitian tugas akhir ataupun minat dari mahasiswanya. Mata kuliah itu di antaranya psikologi persepsi, psikologi sosial, game desain, grafis eskperimental, dan lain sebagainya.

Cukup banyak bukan yang dipelajari di jurusan desain komunikasi visual? Bisa dikatakan, kuliah di jurusan ini kamu sama saja kuliah di jurusan desain grafis + ilmu komunikasi.

 

Prospek Karier

Soal prospek karier, kamu tidak usah khawatir. Sebab, lulusan desain komunikasi visual sangat mudah mendapatkan pekerjaan. Alasannya ialah saat ini banyak perusahaan yang bergerak di industri kreatif dan banyak pula perusahaan lainnya yang membutuhkan orang dengan keahlian desain komunikasi visual ini.

Kamu bisa bekerja di biro periklanan, perusahaan game, production house, stasiun televisi, percetakan dan penerbitan, biro konsultasi desain, biro hubungan masyarakat di suatu perusahaan, dan masih banyak lagi lainnya. Kamu juga berwirausaha atau bekerja secara freelance sebagai desainer komunikasi visual.

 

Perguruan Tinggi dengan Jurusan Desain Komunikasi Visual

Jurusan ini memang belum begitu menjamur secara luas di perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Untuk di perguruan tinggi negeri (PTN), jurusan ini ada di Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), Sekolah Tinggi Desain Indonesia (STDI), Institut Seni Indonesia (ISI), Universitas Negeri Semarang (Unnes), dan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS).

Sedangkan, untuk di perguruan tinggi swasta (PTS), jurusan ini ada di Telkom University, Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Bina Nusantara (Binus), Universitas Trisakti, Institut Teknologi Nasional, Universitas Komputer Indonesia (Unikom), Universitas Tarumanegara (Untar), Universitas Pelita Harapan (UPH), Institut Teknologi Harapan Bangsa Bandung, dan Universitas Esa Unggul

Thanks for reading YUK, KENALI APA ITU DESAIN KOMUNIKASI VISUAL!

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment