Home » » Membuat Efek Dispersion Smoke atau Serpihan Asap dengan Adobe Photoshop CS3

Membuat Efek Dispersion Smoke atau Serpihan Asap dengan Adobe Photoshop CS3


Membuat Efek Dispersion Smoke atau Serpihan Asap dengan Adobe Photoshop CS3 - Mengedit foto seolah-olah menjadi sebuah serpihan memang sangat menarik. Efek serpihan tersebut juga bermacam-macam. Ada yang berupa serpihan partikel, serpihan seperti air dan ada juga yang berupa serpihan asap.

Kalau serpihan air sebenanrya belum pernah mencoba. Mungkin lebih tepatnya efek cipratan air atau Water Splash. Efek dispersion berupa serpihan seperti partikel sudah saya posting pada artikel sebelumnya. Silahkan sobat baca pada artikel berikut :


Untuk melengkapi artikel tentang macam-macam efek dispersion. Kali ini saya akan mencoba berbagi tutorial efek smoke dispersion. Silahkan sobat simak tutorialnya berikut ini.



Stock gambar, brush, dan file format psd akan saya bagikan di akhir artikel nanti. Jadi sobat tidak perlu mencari stcok gambar dan brush lagi. Semuanya sudah saya sediakan.

Langkah ke - 1 Import Gambar

Pertama import gambar yang akan kita edit menjadi efek dispersion kedalam lembar kerjaphotoshop sobat. Disini saya menggunakan Adobe Photoshop CS3. Sobat bisa menggunakan versi lainnya juga.





Langkah ke - 2 Seleksi Layer Model

Setelah itu, pilih Pen Tool (P), lalu buatlah seleksi seperti yang saya buat. Sobat bisa menggunakan tool seleksi lain sesuai dengan tool apa yang sering sobat gunakan untuk menyeleksi objek. 








Langkah ke - 3 Duplikat Layer

Duplikat area seleksi tersebut dengan cara menekan CTRL + J atau pilih menu Layer > New > Layer via Copy.







Langkah ke - 4 Menambahkan Brush

Sekarang tambahkan Brush Smoke yang ada di dalam folder Smoke Brush di akhir artikel ini ke Brush Preset picker. Cara menambahkan brush hasil download bisa sobat baca pada artikel berikut.





Langkah ke - 5 Menutupi Sebagian Objek 

Setelah brush smoke sudah sekarang kita Stamp atau tutupi sebagian badan model dengan menggunakan Clone Stamp Tool (S).

Klik layer visibility pada layer model yang di copy tadi.



Kemudian kembali aktifkan layer Model. Lalu pilihClone Stamp Tool. Tekan Alt, kemudian klik pada area sampel yang akan menutupi sebagian badan modelnya.





Langkah ke - 6 Clone Stamp Model

Sapukan pointer mouse ke area yang ingin ditutupi.



Terus lakukan cara tersebut hingga objek menjadi terlihat seperti gambar berikut.





Langkah ke - 7 Modifikasi Hasil Stamp Model

Kemudian untuk sisi terakhirnya sobat gunakan tipe brush Smoke pada Clone Stamp Tool. Caranya mengganti tipe brush Clone Stamp Tool. Sobat klik tanda panah kebawah di Options Bar pada Brush Preset picker. Pilih jenis Brushnya yang berbentuk Smoke.



Lakukan seperti cara sebelumnya yaitu menutupi sebagian badan model dengan menggunakan Clone Stamp Tool. Namun kali ini menggunakan tipe brushnya menggunakan jenis Smoke. Lihat hasilnya seperti gambar berikut.




Langkah ke - 8 Layer Visibility

Selanjutnya, munculkan kembali Layer Model Copy tadi dengan cara mengklik layer visibility(gambar mata).



Setelah itu pilih menu Filter > Luquify ( SHIFT + CTRL + X ).






Langkah ke - 9 Efek Liquify

Dalam mode Liquify, pilih Forward Warp Tool. Lalu klik dan tarik pada gambar model.



Lakukan cara tersebut hingga gambar menjadi seperti gambar dibawah. Setelah itu klik ok.



Langkah ke - 10 Add Layer Mask

Selanjutnya, klik Add layer mask pada layer model copy tadi yang sudah diberikan efek Liquify.






Langkah ke - 11 Membuat Dispersion Smoke 

Berikutnya pilih Brush Tool (B) gunakan tipe BrushSmoke. Pastikan warna Forground dengan warna putih. Lalu sapukan pointer mouse ke area yang ingin diberikan efek dispersion smoke. Lihat gambar dibawah.




Lakukan cara tersebut dan berikan variasi jenis tipe Smoke Brush dan sizenya juga agat terlihat kombinasi asap yang terlihat keren.







Langkah ke - 12 Hasil Dispersion Smoke

Setelah sobat lakukan cara diatas, maka hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah. Tidak ada patokan khusus brush smoke nomer berapa yang harus digunakan. Sizenya berapa dan segala macam.

Disini intinya sobat berkresasi dengan menggunakan smoke brush yang sudah disediakan. Pemilihan jenis brush smoke dan zise akan menentukan hasil akhir. Dan juga bentuk Liquify juga akan sangat mempengatuhi pewarnaan dari asap tersebut.

Saya pribadi, jika saya membuat efek dispersion ini untuk yang kedua kalinya, maka hasilnya tidak akan sama dengan hasil yang pertama tadi. 




Langkah ke - 13 Membuat Efek Cinematic

Untuk membuat warna atau tone warna gambar menjadi semakin menarik, kita tambahkan efek cinemaric. Klik Create new fill or adjustments layer > Color Balance pada palet layer.



Settingan Color Levelnya bisa sobat lihat pada gambar berikut :



Klik ok, dan hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah.



Sekarang sobat sudah bisa Membuat Efek Dispersion Smoke atau Serpihan Asap dengan Photoshop CS3. Selanjutnya sobat bisa menggunakan foto sobat sendiri untuk diberikan efek dispersion smoke ini

Thanks for reading Membuat Efek Dispersion Smoke atau Serpihan Asap dengan Adobe Photoshop CS3

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment