Home » » MENGENAL UNSUR/ELEMEN DALEMAN APK DAN ROM ANDROID

MENGENAL UNSUR/ELEMEN DALEMAN APK DAN ROM ANDROID


MENGENAL UNSUR/ELEMEN DALEMAN APK DAN ROM ANDROID
Lalu apa saja elemen-elemen/unsur-unsur daleman Aplikasi maupun Rom? Berikut adalah di antaranya: developing android - image source Pandebaik - Aplikasi (Apk) Sebuah aplikasi android atau android package di singkat apk jika kita ekstrak menggunakan apktool di dalamnya terdapat beberapa unsur yaitu= image, xml, dan smali. Image atau icon di dalam apk merupakan image/icon yang akan muncul/terpampang di tampilan antar muka sebuah aplikasi yang kita lihat, di dalam apk icon terbagi dua yaitu icon regular dan icon 9 patch image. Xml, di dalam apk terdapat beberapa xml di dalam folder yang berbeda, xml yang terdapat di dalam folder layout adalah susunan kode xml pembentuk tampilan yang terpampang di tampilan antar muka sebuah aplikasi. Xml yang terdapat di dalam folder values merupakan susunan/daftar nama dan nilai values diantaranya color, id, attr, drawable, dll. Smali merupakan hasil ekstraksi dari bahasa java yang ter-decrypt menjadi bahasa mesin(smali), bahasa smali merupakan bahasa yang rumit karena sampai sekarang admin catatandroid belum menemukan referensi tepat dalam mempelajari bahasa smali ini kecuali hanya dari hasil otodidak serta trial & eror. - Rom Di dalam sebuah rom tentunya terdapat banyak sekali elemen-elemen/unsur pembentuk sebuah rom yang memiliki fungsi yang berbeda serta beberapa saling terkait erat dan terhubung satu sama lain, catatandroid hanya menjabarkan beberapa saja yang di rasa sangat penting dalam developing android diantaranya yaitu: Signature, updater-script, init.d script, build.prop, app folder, framework folder, binary, library, sound folder, boot.img(kernel), recovery.img, dll.

MENGENAL MACAM-MACAM DEVELOPER ANDROID Dalam aktifitas developing android seorang moder atau developer di bagi menjadi menurut beberapa pengetahuan yang ia miliki maupun dalami, konsep dasar yang dijalani oleh semua moder yaitu ekstrak - editing - repack - debug, terkecuali untuk seorang builder mesti memahami proses build. Klasifikasi beberapa developer diantaranya sebagai berikut: 1. Nubie Moder Seorang nubie moder atau yang baru memulai belajar mod harus memulai memahami isi dari aplikasi android(apk) dan memulai mencoba mereplace/mengganti icon-icon di dalam aplikasi android(apk), memahami cara root android, memahami flashing. Tools: Root Explorer, Tools Rooting, Flashtool. 2. Moder Apk / Pembuat Custom Apk Seorang moder apk harus telah memahami isi/elemen dari apk (image, xml, smali), decompile recompile apk, memahami icon 9.png, memahami sebagian xml, memahami sebagian smali, memahami android-manifest. Tools: Rootex, Apktool, Aide, Image Editor. advertisements 3. Moder Rom / Pembuat Custom Rom Seorang moder rom telah memahami point di atas dan berlanjut memahami ke isi/elemen dari sebuah rom, memahami cara decompile-recompile, memahami signature, memahami sebagian besar xml, memahami sebagian besar smali, memahami build.prop, script init.d, updater-script, deodex dan odex, memahami logcat, permissions, memahami boot.img dsb. Tools: Rootex, Apktool, Aide, Image Editor, Android Kitchen. 4. Builder Apk Seorang builder Apk di samping memahami sebagian point maupun seluruh point no.2 diatas di wajibkan juga memahami script Java, Java menjadi makanan wajib seorang builder apk dalam membangun/membuat sebuah aplikasi android. Tools: Aide, Notepad++, Eclipse atau Android Studio 5. Builder Rom Seorang builder rom sebagian besar memiliki skill lengkap sesuai point no.3 dan 4 di tambah kemampuan C++, memahami sync repo, memahami git, memahami logcat, dan debugging serta harus memiliki dukungan spesifikasi alat tempur/pc dan koneksi internet yang mumpuni karena sebagian aktifitas build rom di lakukan secara online. Tools: Os Linux, Notepad++, Terminal Emulator, Eclipse, Android Studio, Android Kitchen, dll. 6. Porter Rom Seorang porter rom layaknya moder rom di point 3 di dalam aktifitasnya menjadikan sebuah rom untuk dapat berjalan di device yang berbeda wajib memahami sebagian besar isi rom, isi kernel, memahami fungsi dari library(.so), memahami binary, memahami log cat dan debugging. Tools: Root Explorer, Notepad++, Android Kitchen. Sesuai pembagian beberapa skill developer di atas dapat kita ambil kesimpulan sebagian besar developer/moder wajib memahami konsep (build) - ekstrak - editing - repack - debug, tinggal sampai di mana dalamnya pehamahan masing-masing developer dalam memahami lebih jauh proses ekstrak - proses editing - proses repack - proses debugging.

MENGENAL BEBERAPA TOOLS DASAR DEVELOPMENT Beberapa tools umum yang di gunakan di atas serta beberapa aplikasi dasar pendukung development yang telah di bahas sebelumnya juga dapat kita ketahui sesuai fungsi atau kegunaannya, yaitu: - ekstrak : Root explorer, Apktool, Kitchen. - editing : Aide, Notepad++, Image Editor, Android kitchen, Android studio. - repack : Root Explorer, Apktool, Android Kitchen, Android Studio, - debug : Terminal Emulator, Android Studio, Catlog. Beberapa tools di atas adalah hanya sebagian kecil dari beberapa tools yang tidak kalah hebatnya di luar sana yang belum catatandroid ketahui, bagi temen-temen yang memiliki masukan tools untuk kegunaan development android silahkan kirim di komentar ya. :)

MENGENAL BEBERAPA ISTILAH DEVELOPER ANDROID Aktifitas moder dalam perjalanannya mangembangkan android memiliki beberapa nama dan fungsi yang berbeda-beda namun menjadi hal yang wajib diketahui atau bahkan di kuasai oleh moder maupun developer android. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut. - Root - Deodex - Decompile-Recompile - Signature - Mod - Build - Port - Flash - Unbrick Untuk masing-masing penjelasannya akan di bahas dalam blog catatandroid ini, so stay tuned dan jangan sampai ketinggalan ya. Akhir kata mohon maaf jika ada kekurangan maupun salah kata dari admin mengingat admin catatandroid baru memulai belajar menulis artikel. Di mohon jangan 100% percaya artikel ini karena isinya hanya sebatas dari pengalaman dan pemahaman yang admin miliki.hehehe Bagi teman-teman blogger yang ingin mencopas atau memodifikasi artikel "Apa itu pengembangan android, dan Alat development Android" tolong hargai dengan mencantumkan sumber karena sangat sulit membuat artikel dari angan-angan sampai menjadi tulisan yang bisa di baca.hehe Semoga bermanfaat bagi para moder dan developer maupun calon developeryang ingin belajar developing android. Terima kasih.

Thanks for reading MENGENAL UNSUR/ELEMEN DALEMAN APK DAN ROM ANDROID

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment