Home » » Cara Render Adobe Premiere Pro Cs6 CC Best Export Setting

Cara Render Adobe Premiere Pro Cs6 CC Best Export Setting

Bagi seorang Video Editor baik yang menggunakan apapun software-nya videi hasil render patah-patah harus dihindarkan. 

Baik menggunakan keluarga Adobe Family, atau software dari Sony, Pinnacle, Edius, Shortcut, atau lainnya seharusnya tidak masalah.  

Play data video sendat-sendat atau patah-patah, terutama yang sudah di burning adalah masalah lazim namun harus diatasi. 

Cara Render Adobe Premiere Pro Cs6 CC Kualitas Bagus File Ringan untuk Upload ke Youtube Format Ukuran Video Terbaik untuk Vlog & Diupload ke Youtube
Cara Render Adobe Premiere Pro Cs6 CC Best Export Setting

Dengan terus berkembangnya teknologi di bidang ini (Videography, photography & Produksi kamera) yang semakin hari semakin canggih dan senantiasa update setiap detik setiap saat. 

Ada beberapa kemungkinan atau penyebab mengapa video bisa jadi/patah-patah ketika diputar di laptor/komputer atau Player:
Kalau patah-patah di play di komputer atau Laptop berarti file berat, atauCara render dan burning video ke format yang diinginkan terlalu besar bitratenya, ini terjadi kerena inginkan bagus kualitas video pasca rendernya. Bisa juga disebabkan karena fps yang dihasilak kamera rendah kemudian dislow-motion jadi patah-patah. Cek fps (speed video) yang digunakan apakah masih di area maximum yang direkomendasikan atau sudah lewat jauh. Misalnya Speed fps video sudah 25 fps kemudian di slowmotion atau diperlambat jadi 10 % misalnya. Jelas aja jadi patah-patah.Kalau video sudah berada di kepingan CD/VCD, atau DVD patah-patah atau macet di Player, sedangkan play di file komputer lancar jaya, maka cek playernya dengan cara me(ngetest)mutar VCD/DVD lain. Kalau Lancar berarti Proses burningnya yang bermasalah.Selain spek komputer yang disarankan untuk game dan editing. Hard drive atau DVD/CD Writernya yang masih bagus dan sesuai kapasitas umur yang disarankan. Atau sudah melebihi. Cek kepingan CD/DVD di bagian yang diburning/hasil burning ... apakah putih polos atau ada garis-garis? Kalau sudah ada garis-garis, sebaiknya ganti DVD writer yang baru dan berkualitas.Belum ada batasan berapa lama CD/DVD writer boleh digunakan atau berapa banyak batas yang boleh dipakai. Misalnya 1000, 2000 kali burning dan lain sebagainya. Sebab kualitas CD DVD Writer sendiri berbeda-beda. Kalau sudah ada garis-garis, sebaiknya ganti DVD writer yang baru dan berkualitas.Dan apakah, CD Writer itu dipake untuk membuka CD/DVD yang rusak, membuka file misanya, yang sudah berdebu, atau yang sudah rusak atau parah kondisinya tidak?! Oleh sebab itu, sebaiknya untuk menjaga Kualitas Hasil Render Burning, sebaiknya: 1). Ganti CD/DVD writer secara berkala, apalagi kalau banyak dipake burning atau copy. 2). Jangan dipakai untuk membuka file yang CD/DVDnya sudah rusak.Upgrade Komputer. Spek komputer, PSU juga berperan penting dan berpengaruh terhadap proses burning. Klu PSU rendah dan RAM kecil, wajar saja burning lambat sendat-sendat, atau patah-patah.
Bagaimana Cara (How To) render video kualitas bagus file ringan adalah format .mp4. File relatif bagus sesuai formatnya baik HD, tapi ukuran size filenya cukup kecil dan ringan.

Ini adalah Solusi render video untuk upload ke internet and social media yang menemui kendala kuota atau ketika format yang biasa seperti mpeg 1 mpeg 2 cukup besar ukuran file sizenya Apatah lagi format *.avi ternyata sangat besar ukuran filenya tentu, bahkan sampai bergiga-giga. 

 Format Terbaik Render Adobe Premiere Cs atau Pro CC Kualitas Bagus File Ringan adalah render video di Adobe Premiere Pro Cs, atau Pro CC ke format *.mp4"  


File - Export pilih option H.264. Pilih format mp4 sesuai keperluan atau yang anda inginkan  seperti tertera dalam gambar. Tapi yang paling disarankan  untuk kualitas bagus file ringan adalah HD 720. Kualitas Cukup bagus file ringan. Kalau bandwich internet kuat. Upload yang Full HD 1080 atau 4k 8K sekalian .... durasi 15 menit sekitar 500 mb.
  

Kecepatan proses rendering tergantung:
- Format Besar - Kualitas Bagus - File Kecil - Render Lama/Berat
- Format Besar - Kualitas Bagus - File Besar - Render Agak Cepat
- Format Kecil - Kualitas Buruk - File Kecil - Render Cepat
- Format Kecil - Kualitas Buruk - File Besar - Render Paling Cepat

Kualitas Bagus - File Besar - Render Lama. 
Render Cepat - File Kecil Kualitas Gambar Kurang Bagus. 

Kualitas Bagus File Ringan? Ada Kualitas yang diturunkan. Yaitu bitrat. 

Tapi dari semua hal tersebut, yang sangat menentukan sekali tergantung bagus tidaknya kualitassuatu video adalah source asal shootingan atau sumber file. 

Dan performa komputer untuk video editing tergantung:
Spek komputerEffect yang digunakanDurasi VideoBesar kecilnya format asal (source file) dan format render. Biasanya kalau format video  kecil proses render lebih cepat, tapi gambar atau video tidak bagus, ngeblurkabur buram atau bahkan hancur lebur. Sebaiknya untuk upload video ke Internet format full HD 1080p, atau minimal usahakan dalam format HD biasa atau HD 720p sudah lumayan cukup bagus, dan itu tentu prosesnya agak lama, sesuai spek komputer. Makanya untuk editing Spek Komputer yang tinggi adalah penting. 

Tapi minimal sekali untuk yang masih relatif bagus adalah format mp4 480, sedangkan mulai dari format *.mp4 360 sudah mulai hancur kurang bagus bahkan buruk kualitas gambarnya. Tergantung keinginan dan kekuatan bandwitch internet kita 

Lebih bagus kualitas videonya, lebih baik. 

Simpel saja.

Biasanya kalau saya untuk keperluan upload ke Youtube, di Adobe Premiere Pro CC, best render video setting ke option h.264 format Android 720 format .mp4 atur sesuai keinginan kita, bisa lebih kecil lagi ... atau lebih besar. Untuk Keluarga Adobe, seperti Adobe Premiere Cs, CC Versi berapapun Adobe Premiere Pro yang digunakannya, baikAdobe Premiere Cs3, Cs4, Cs4, Cs6, atau Adobe Premiere Pro CC 2014, CC 2015 atau CC 2017 Adobe Premiere Pro. Spek Komputer yang digunakan memang cukup tinggi. Minimal spek game dan video editing yang disarankan adalah Core 15, minimal Core i3, sebaiknya core i7. Core i7 pun banyak grade-gradenya.

Sangat disarankan Untuk upload Video sebaikya minimal format 720. Caranya sebenarnya bisa disesuaikan dengan limit bandwitch koneksi internet kita, cara yang paling sering dan umum digunakan adalah format mp4, inilah :

Cara Render Video Adobe Premiere Pro CC Kualitas Bagus File Ringan: 

Pilih option Preset di H.264 di Adobe Premiere Pro CC. Pilih format yang diinginkan atau sesuai keperluan atau yang anda suka seperti tertera dalam gambar. Biasanya kalau format video terlalu kecil maka gambar atau video tidak jelas alias ngeblur atau buram. Sebaiknya untuk upload video ke Internet adalah Full HD 1080, tapi minimal usahakan dalam format  HD biasa HD 720. Bawah dari itu lagi format 480. Tapi minimal sekali untuk kualitas yang masih cukup bagus adalah 480, tergantung keinginan dan kekuatan bandwitch internet kita. Yang terendah sekali ya 360.  setara VCD/mpeg 1. Tapi ya jangan ngarep kualitas.Format Render Adobe Premiere Pro CC. Biasanya kalau saya untuk keperluan upload ke Youtube, minimal render video ke format h.264 Android 720 format .mp4 atur sesuai keinginan kita, bisa lebih kecil lagi ... atau lebih besar.


Bisa gak hasil sizenya di perkecil tanpa mengurangi effectnya?

Bisa, setahu saya format mp4 ini adalah BEST SETTING yang TERBAGUSuntuk hasil gambar, dengan Size file yang TERINGAN.  

Kalau untuk burning DVD final akhirnya, saya sarankan render & burn ke MPEG 2 PAL DV. Biasanya(4:3) untuk pengguna TV Kotak, pilih format yang Wide (16:9) untuk pemilik TV Wide. Perhatikan pembuatan Text, Logo TV, Lower third, agar tidak keluar dari save margin, yang nantinya mengakibatkan text terpotong.


Thanks for reading Cara Render Adobe Premiere Pro Cs6 CC Best Export Setting

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment