Home » » MACROMEDIA FLASH 8

MACROMEDIA FLASH 8


 

Menu Bar

adalah sekumpulan perintah yang digunakan dalam Flash, seperti menu File > New yang berfungsi untuk menyimpan file Flash.

Toolbox

adalah sekumpulan tool yang digunakan untuk menggambar dan mengedit objek (Tools), mengatur sudut pandang (View), menentukan warna (Colors), dan opsi pilihan dari setiap tool yang ada (Options).

Panel Timeline

adalah panel yang berfungsi mengatur jalannya animasi yang kita buat. Di sini kita bisa mempercepat maupun memperlambat animasi.

Stage

adalah kanvas tempat kita meletakkan dan mengedit objek-objek Flash.

Panel Properties

adalah panel yang menampilkan atribut dari suatu objek yang sedang aktif sehingga atribut objek tersebut dapat kita ubah.

Panel Actions

adalah panel yang berisikan bahasa pemrograman ActionScript yang digunakan untuk membuat animasi interaktif.

Panel Color

adalah panel yang berfungsi untuk mengatur komposisi warna stroke maupun fill pada objek.

Library

adalah panel yang berfungsi untuk menyimpan objek-objek yang telah dijadikan symbol.

Memahami Jenis File Flash 8

Flash dapat menghasilkan banyak file keluaran. Namun secara umum, terdapat tiga jenis file utama pada Flash, di antaranya:

File Utama (.fla), adalah jenis file utama ketika kita menyimpan movie Flash kita. Kita bisa membuka dan mengedit semua jenis file .fla pada Flash.

Untuk mengambil objek dari Library lain, klik tanda panah pada Library kita, lalu pilih nama Library lain (misal untitled-2). Ambil objek tersebut dengan cara men-drag-nya ke Stage.

File Hasil Ekspor (.swf)

adalah jenis file yang biasa digunakan pada halaman web. File dalam format .swf dapat dilihat melalui web browser, selama browser tersebut

memiliki Flash Player.

File Eksekusi (.exe)

adalah jenis file yang dapat dieksekusi tanpa perlu memiliki aplikasi Flash ataupun Flash Player. Dengan melakukan klik ganda terhadap file .exe tersebut, maka file tersebut akan terbuka secara otomatis.

Membuat dan Menyimpan File

Sebelum kita bekerja pada Flash, ada baiknya terlebih dahulu kita memahami bagaimana membuat dan menyimpan file di Flash. Untuk membuat file baru, klik opsi Flash Document pada bagian Create New.

Selain cara di atas, kita juga dapat membuat file baru dengan cara klik menu File > New, maka akan muncul kotak dialog New Document. Kemudian klik tombol OK.

Untuk menyimpan file, klik menu File > Save atau File > Save As sehingga akan muncul kotak dialog Save As. Isikan nama file pada bagian File name, lalu klik tombol Save.

Coba Anda buat file baru sehingga akan muncul halaman Flash baru. Kemudian amati area kerja Flash tersebut dan perhatikan letak toolbox dan panel-panel utama seperti panel Timeline, panel Properties, panel Library, dan lainnya. Lalu simpan file tersebut.

Thanks for reading MACROMEDIA FLASH 8

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment