Home » » MEMBUAT ANIMASI TEKS BERPUTAR di FLASH

MEMBUAT ANIMASI TEKS BERPUTAR di FLASH

MEMBUAT ANIMASI TEKS BERPUTAR di FLASH - Pada latihan ini Anda akan dibimbing untuk membuat animasi Teks Berputar, yaitu ketika animasi dijalankan, huruf-huruf pada teks tersebut akan berputar secara bergantian sampai pada huruf urutan yang terakhir. Supaya lebih jelas, ikutilah langkah latihan berikut:

Buat dokumen baru dari menu File New (Ctrl+N).Tampilkan Document Properties (Ctrl+J) dan atur ukuran stage. W: 400 px, H: 150 px, dan Frame rate: 28 fps.
Pengaturan stage pada document propertiesKlik pada posisi Frame 1 dari Layer 1, kemudian klik Text Tool dan ketik tulisan “Animasi Teks” pada stage.Tulisan Animasi Teks di stagePilih teks yang akan dibuat animasi, kemudian Break Apart (Ctrl+B). Maka hasilnya sebagai berikut.Break apart tulisan Animasi Teks
Klik pada posisi Frame 1 dari Layer 1, kemudian klik menu Modify Timeline Distribute to Layers (Ctrl+Shift+D). Berikut hasilnya.
Hasil distribute layerKlik pada posisi Frame 5 dari Layer A, kemudian tekan tombol F6 (Insert Keyframe).Insert keyframe pada posisi frame 5Blok posisi Frame 1 sampai Frame 5 dari Layer A (caranya klik dua kali pada salah satu frame antara 1 sampai dengan 5). Kemudian pada Panel Properties (Ctrl+F3), atur pada bagian Tween: Motion dan Rotate: CW.
Pengaturan Tween dan Rotate pada panel propertiesMaka hasilnya seperti gambar berikut.Hasil create motion tween frame 1 sampai 5Tekan tombol F6 (Insert Keyframe) di posisi Frame 3 dan Frame 8 dari Layer N.
Insert keyframe pada frame 3 dan 8Blok posisi Frame 3 sampai Frame 8 dari Layer N. Kemudian pada Panel Properties (Ctrl+F3), atur pada bagian Tween: Motion dan Rotate: CW.Pengaturan Tween dan Rotate pada panel propertiesMaka hasilnya sebagai berikut.
Hasil create motion tween frame 3 sampai 8Klik pada posisi Frame 8 dari Layer A, kemudian tekan tombol F5 (Insert Frame).Hasil insert frame pada frame 8Kemudian untuk layer berikutnya, lakukan dengan cara yang sama seperti Layer A dan Layer N di atas, hingga hasil akhir kondisi Layer dan Frame seperti berikut.
Hasil akhir tampilan semua layerSimpan dengan nama animasi teks putar.fla.Untuk melihat hasilnya tekan tombol Ctrl+Enter.Hasil animasi teks berputar
Demikian pembahasan singkat tentang MEMBUAT ANIMASI TEKS BERPUTAR di FLASH, semoga bermanfaat bagi semuanya dan sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih

Thanks for reading MEMBUAT ANIMASI TEKS BERPUTAR di FLASH

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment