Home » » Pengertian Fresnel Zone & Line Of Sight (LOS)

Pengertian Fresnel Zone & Line Of Sight (LOS)


TRANSMISI  GELOMBANG MIKRO

Apa itu transmisi?

Transmisi dalam dunia telekomunikasi adalah suatu teknik untuk mengirimkan informasi dari satu titik ke titik yang lain. Dalam teknik transmisi media yang sering digunakan kabel tembaga, coax, serat opik dan gelombang mikro. Pada tulisan ini saya mencoba untuk menerangkan tentang transmisi gelombang mikro.

Apa itu gelombang Mikro?

Gelombang Mikro (microwave) adalah gelombang elektromagnetik yang bersifat transfersal dengan frekuensi super tinggi (SHF, Super High Frekuensi) diatas 3 GHz dengan panjang gelombang berkisar antara 0.3-300 cm.

Sistem transmisi gelombang Mikro terdiri dari dua macam yaitu:

 Sistem transmisi gelombang Mikro AnalogMenggunakan gelombang radio dengan    modulasi FM (Frequency Modulation), baik dengan sistem penjamakan (Multiplexing)  frekwensi (FDM) atau waktu (TDM).                                                                                               Sistem transmisi gelombang Mikro DigitalMenggunakan gelombang radio dengan  modulasi digital ( PSK atau QAM), dan menggunakan penjamakan (multiplexing)  TDMA.Lanjut kita bahas mengenai Fresnel Zone.


FRESNEL   ZONE

Sebelum memperkenalkan Fresnel zone, terlebih dahulu kita perlu mengetahui apa itu wireless.

Wireless, dalam bahasa Indonesia berarti jaringan tanpa kabel (nirkabel) yang menggunakan udara sebagai media transmisinya untuk menghantarkan gelombang elektromagnetik.

Wireless telah lama berkembang, beberapa ilmuan pun telah membuktikan keberadaan wireless secar ilmiah dengan adanya penemuan-penemuan seperti radio, radar dan lain sebagainya. Dari masa ke masa penggunaan wireless semakin luas dan bertambah.  Yang sering digunakan adalah wireless pada lokal area (WLAN). Yaitu LAN Yang menggunakan media transmisi wireless bisa berupa frekuensi radio, inframerah ataupun sinar laser untuk berkomunikasi di antara work station dan file server ataupun hub.

Sinyal nirkabel dipengaruhi oleh beberapa kondisi dan posisi. Salah satu metode untuk menentukan pengaruh kekuatan sinyal nirkabel adalah Fresnel zone. Fresenel zone merupakan besaran tak terhingga dari pola radiasi yang terpancar keluar  dari circular aperture. Zona Fresnel ini adalah hasil pola difraksi dari circular aperture.

Fresnel zone ini digunakan sebagai media rambat frekuensi dari gelombang elektromagnetik yang nantinya menghasilkan sebuah jaringan nirkabel.

Fresnel zone adalah suatu daerah pada suatu lintasan transmisi gelombang mikro yang digambarkan berbentuk elips yang menunjukkan interferensi gelombang RF jika terdapat blocking. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar 1 dibawah ini.

Fresnel Zone, dapat dihitung dengan rumus berikut:

 r =  72.6 X sqrt (d/4f)

di mana           r : fresnel zone (feet)    

            d : Jarak (miles)

                        f : Frekuensi (GHz)

atau jika d dalam Km maka dan r dalam meter,dapat dirumuskan sebagai berikut:

r = 17.32 X sqrt(d/4f).

Pada fresnel zone, tidak boleh adanya gangguan sinyal transmisi karena ini akan mengakibatkan refraksi, difraksi dan refleksi yang pada akhirnya akan melemahkan sinyal yang diterima oleh Rx. Fresnel zone dibuat beberapa tingkat, yang mana untuk tingkat 1, benar-benar tidak boleh adanya obstacle.

Suatu sinyal transmisi secara consensus dikatakan baik jika 60%+3m dari fresnel zone tidak ada penghalang.

Contoh perhitungan fresnel zone sebagai berikut:

Misal Suatu Tx dengan frekuensi transmisi 15 GHz dan Jarak Tx-Rx 2 Km, maka fresnel zone dapat dihitung sebagai berikut.

 r = 17.32 * sqrt(d/4f)

   = 17.32 * sqrt(2/4*15)

   = 3.1632 m

dan transmisi akan baik jika 60% * 3.1632 + 3 (4.89792) m fresnel zone bebas dari halangan.

Gambar 2.Fresnel Zone
Gambar 1.Fresnel Zone


Line Of Sight (LOS)

LOS ( Line Off Sight)

Dalam transmisi gelombang mikro kita mengenal istilah LOS. Apa itu sebenarnya LOS? LOS ( Line Off Sight) adalah suatu kondisi dimana antara pengirim (Tx) dengan penerima (Rx) dapat saling melihat tanpa ada penghalang.

LOS dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut ini:

  1. Panjang lintasan
          Adalah panjang lintasan antara Tx dan Rx

  1. Faktor K                                                                                                                                 
          Faktor pengali jari-jari bumi. Untuk indonesia k: 1.33 atau 4/3

  1. Kontur bumi
          Adalah kondisi permukaan dari bumi yang bisa berupa bukit, lembah dan lainnya.
   
  1. Daerah fresnel
          Adalah daerah berupa lintasan elips dalam lintasan propagasi gelombang radio dimana daerah             tersebut dibatasi oleh gelombang tak langsung (indirect signal) dan mempunyai beda panjang             lintasan dengan sinyal langsung sebesar kelipatan ½λ atau 2 kali ½λ.

  1. Tinggi penghalang
          Tinggi penghalang atau obstacle, yang bisa berupa pohon, gedung atau bangunan lainnya.



Gambar LOS.1


Gambar LOS.2


Gambar LOS.3


Thanks for reading Pengertian Fresnel Zone & Line Of Sight (LOS)

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment