Home » » Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro


Taukah anda apa itu Adobe Premier,… ??” Adobe Premier Pro adalah software Video dan Audio Editing tingkat professional untuk membuat video cerita, pernikahan, profile, animasi opening, karaoke, music klip dll. Dengan Adobe Premier Pro anda dapat menghasilkan tayangan gambar yang lebih bagus dan menarik, kini saatnya anda membuat penonton kagum !! It’s Magic, dengan karya anda.

Pengenalan Dasar

Adobe Premiere adalah salah satu software yang popular dan digunakan secara luas dalam pengeditan video.Adanya kesamaan interface Adobe Premiere dengan Adobe PhotoShop dan Adobe. After Effect adalah memberikan kemudahan dalam pemakaiannya, image – image dapat

disiapkan dengan adobe photoshop dan effect – effect khusus juga dapat disiapkan dari

adobe after effect.

Pengenalan Dasar

 

Sebelumnya Pastikan bahwa Adobe Premiere Pro sudah terinstall, Sekarang Kita mulai

dengan membuka Adobe Premiere Pro Klik Start > Program > Adobe > Adobe

Premiere Pro, premiere akan menanyakan kepada kita apakah kita akan membuka file

yang telah ada, atau membuat file baru, untuk latihan ini tetntu saja kita akan membuat 
file baru.




Dan selanjutnya muncul windows dengan dengan New Project klik pada tab Custom

Setting,

Pada frame General ,kerena kita kita akan membuat file Video lebih baik kita memilih

Editing Mode Video for windows,

- Time base 29.97 frame per second,

Pada Frame Video kita isikan

- Frame size 720h : 480v

- Frame rate: 29.97 frames/second

- Pixel Aspect Ratio: D1/DV NTSC (0.9)

Pada Frame Audio kita isikan:

- Sample rate 44100 Hz

- Display Format Audio Sample

Dan apabila akan menyimpan settingan ini kita tekan tombol SavePreset, kita isi kannama dan descristion, dan secara otomatis setingan kita akan terlihat pada tab LoadPreset, kita simpan File project (ex: Latihan) kita tersrah menentukan lokasi file project kita.

Sekarang kita masuk Project latihan

  Project windows terdiri dari 3 windows utama:

1. Project windows, merupakan tempat menyimpan file project

2. Monitor windows, merupakan tempat melihat video, yang kita edit di timeline

3. Timeline windows, tenpat kita melakukan proses editing

Import File

Untuk melakukan pengeditan suatu video, terlebih dahulu kita meng-impor file kitaperlukan, dengan cara klik menuFile>Import (Ctrl+I) atau klik kanan pada windows project dan pilih import, di sini kita bias meng-impor file video, audio dan image.

Pada project windows kita bisa membuat Bin(seperti folder pada windows explorer)Bin ini memudah kita dalam memanagement file project kita. Pada latihan ini kita akan membuat 3 bin dengan nama bin masing2 Video, audio, dan image.

Cara membuat Bin, klik pada menuFile>New>Bin, atau klik kanan pada projectwindows pilih bin.

  Transition

Transisi merupakan perpindahan dari suatu tempat ke tempat lain, dalam pengeditansuatu video transisi merupakan perpindahan dari satu video ke video berikutnya.

Kali ini kita akan mencoba untuk memasukkan sebuah film ke dalam areal kerja kita. Tahap awal yang harus kita lakukan adalah “klik File dari Bar lalu klik Import”. Setelah kita klik import kita lihat pada Project Window secara otomatis terdapat file yang kita import. Untuk meletakkan file yang telah kita import ke dalam TimeLine guna pengeditan,

akan kita lakukan dengan cara yang paling mudah dengan teknik DRAG atau DROPyaitu menarik langsung file yang kita inginkan ke dalam time line, untuk file video dan image kita masukkan ke timeline pada track video sedangkan file audio kita masukkan ke track audio.

Setelah file dimasukkan ke dalam timeline, tampilan gambar yang kita lihat sangat

kecil. Untuk memperbesar tampilannya klik Zoom tool yang berada pada toolbox di

samping timelime, klik menuwindows>Tools.

Sekarang kita memasukkan dua file video kedalam track video 1 dan video


Sekarang kita akan mencoba untuk membuat sebuah Transition. Transisis ini berfungsi untuk membuat tiap perubahan video 1 dan 2 atau tiap perpindahan antara scene I danscene II menjadi halus. Untuk membuka perintah transisi kita bukamenu Window lalu klik Effect, danwindow effect akan muncul (secara default windows effect ini terdapat

pada project windows).

 

Pada menu ini terdapat banyak pilihan, kalau telah memilih transition yang sesuaidengan keinginan maka kita gunakan teknik DRAG dan DROP lalu letakkan kedalam Timeline diantara video 1 dan video 2. (lihat gambar di bawah ini).

Untuk melihat hasil nya tarik pointer sehingga melewati transisi, dan lihat pada monitor windows.

Proses Editing

Disini kita akan memulai pengeditan Video. Hal pertama yang harus kita lakukanadalah klik 2 kali pada file yang berada di Project Window, lalu kita akan masukkedalam Source Monitor( monitor sebelah kiri)

Source Monitor dapat digunakan untuk memotong gambar, yaitu dengan menentukan terlebih dahulu frame mana yang kan kita masukkan ke dalam Timeline. Setelah kita tentukan frame yang akan kita ambil lalu klik tombol “Set In Point( { )”kemudian tentukan sampai frame berikutnya lalu tekan tombol “Set Out Point( } )”

Kemudian cara meletakkan frame tersebut kedalam TimeLine pilih dulu track yang kitaingin kan untuk menempatkan potongan video terdebut, kemudian klik tombol“Insert” pada monitor windows. Secara otomatis frame tersebut masuk ke dalamTimeLine. Atau drag and drop Monitor source nya. Ke dalam Timeline dan track yang kita pilih

 

Pada tahap ini adalah lanjutan dari proses insert di atas. yaitu apabila frame yang kitatentukan terdapat frame lain yang ikut dalam timeline, jadi frame yang ikut harusdibuang. Caranya adalah :  Klik tanda segitiga di samping track video, kit a akan melihat seperti ini

  

Klik set display style, dan pilih show frame, maka track tersebut akan menampilkan filevideo tersebut frame by frame dan kita tentukan di zoom in menjadi 1 frame sehingga tidak ada lagi frame yang tersisa, kemudian lakukan pemotongan denganRazor Tool yang terdapat pada ToolsBox, pilih frame yang akan kita buang dan tekan Delete pada keyboard.

Opacity

Pada tahap selanjutnya kita akan mencoba untuk melihat fasilitas yang terdapat padaTime line Video., yaitu Opacity Klik tanda panah yang terdapat track video kita lihat fasilitas Opacity dengan cara klik padaShow Key Frame pilih Show Opacity Handles, di sana kita akan melihat garisberwarna orange, posisi nya terletak paling atas itu menandakan opacity nya 100%.

Untuk mengubah opacity nya, sebelumnya arahkan pointer video pada video untukmenentukan key frame nya kemudian klik tombol add/remove key frame, setelah kitamemberi keyframe maka turunkanlah key frame untuk mengubah Opacity.

 Catatan: kita bisa memberi banyak key frame pada track tersebut untukmenentukan opacity yang kita inginkan

Track video & Audio dapat kita tambahkan hingga beberapa track. Dengan cara mengKlik kanan pada salah satu track dan pilihadd track. Kemudian isikan jumlah trackyang ingin kita tambahkan,

 

Import Text dan Template

Pada latihan ini kita akan mencoba memberikan text dan template pada latihan kita, untuk memberikan text klik pada menu File>New>Title atau klik kanan pada project window anda dan pilih New Item>Title, maka akan muncul Window Title Designer seperti di bawah:  Kita isi kan text pada layer yang tersedia,

Dan apabila kita ingin mengisi video kita dengan tamplate, cara nya dengan mengkliktombol Template pada windows tersubut atau menekan Ctrl+J, maka akan munculwindows template, dan pilih template dan tekan tombol apply

  Setelah itu kita akan kembali pada window title tersebut, dan edit apa yang ingin di editsesuai dengan keinginan, kalau sudah di edit tutuplah windows title tersebut, maka akan muncul dialog box, kemudian klik lah tombol YES dan simpanlah title tersebut.

  Dan Kemudian title tersebut akan masuk pada project windows anda

              

   

Dan Kemudian Masukanlah file title tersebut ke Timeline kita untuk memberi text dan template, lihat gambar

Effect Video

Sekarang memulai dengan memberi effect pada video kita, untuk memberi sebuah effect pada sebuah video, sebelumnya kita harus memanggil windows effect. Untukmenampilkan windownya klik pada menuWindows>effect, maka window effect akanterlihat seperti gambar dibawah :

 

  Pada gambar di atas, Adobe premiere menyediakan berbagai jenis effect yangmerupakan effect-effect bawaan pada saat kita menginstall.

Sekarang kita memasukkan suatu effect ke dalam track video yang akan kita beri effect,caranya cukup drag and drop salah satu effect yang yang kta anggap bagus. Setelah kita memasukkan effect ke dalam track video kita. Effect yang kita berikan padatrack belum terlihat apa, maka dari itu untuk melihat effect yang kita berikan pada video tersebut harus di seting/diatur. Untuk menyeting atau mengatur effect nya kita harus membuka windows effect control, untuk menampilkan window effect klik pada menu windows>effect controls. Maka akan tampil sebuah windows seperti dibawah ini:

 

  Gambar diatas terlihat bahwa terdapat satu buah effect video, untuk melihat hasil dari effect video tersebut arahkah pointer yang di dalam Timeline window pada track video yang kita beri effect tersbut.

Apabila anda ingin memberi effect pada bagian tertentu pada track video yang diberi effect, perhatikan pada window effect control terdapat sebuah pointer yangmenunjukkan posisi video yang sedang aktif pada track video tersebut. jadi untukmemberi effect pada bagian tertentu pada video tersebut kita harus membuat key frame pada video tersebut dengan cara klikadd/remove key frame. dengan memberikan keyframe kita dapat mengatur effect pada bagian video yang kita inginkan.Pada windows effect diatas terdapatMotion, pada motion anda bisa mengatur posisi, skala video anda, semuanya tergantung pada kreasi anda.

Export File

Pada sesi ini merupakan sesi terakhir dalam suatu pengeditam suatu video, sekarang kita meng-export hasil kerja kita yang terdapat dalam timeline windows. Untuk meng-export nya klik pada menuFile>Export>Movie Maka akan muncul dialog box seperti di bawah, dan video yang di export dengan format AVI

 

  Kemudian klik save untuk mengeksport file tersebut, apabila anda ingin melakukansetting ulang klik-lah tombol setting sebelum anda meng-export file tersebut.Anda meng-export file dengan format lain, dengan cara File>Export>Adobe media encoder

Maka akan muncul gambar seperti gambar di bawah ini:

 OK, untuk melakukan proses rendering. Maka akan muncul proses rendering seperti gambar di bawah

  

 

Setelah selesai lihatlah hasil editing anda

Thanks for reading Adobe Premiere Pro

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment