Home » » 7 Kelebihan dan 2 Kekurangan Jurusan Sistem Informasi yang Perlu Anda Tahu

7 Kelebihan dan 2 Kekurangan Jurusan Sistem Informasi yang Perlu Anda Tahu

Bagi Anda yang sudah lulus SMA/SMK atau sederajat dan hendak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, pasti akan menghadapi beberapa pertanyaan yang muncul dalam benak Anda. “Kuliah dimana yah?”, “Ngambil jurusan apa yah?”, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya seputar pilihan kuliah Anda.
Jika Anda tertarik untuk berkuliah di bidang komputer dan hendak memilih jurusan yang berkaitan dengan komputer, Anda akan dihadapkan pada pilihan beberapa jurusan yang terkait dengan komputer. Meskipun sebenarnya banyak jurusan yang berkaitan dengan komputer, namun seringkali orang-orang mempertanyakan persamaan dan perbedaan dari jurusan Sistem Informasi (SI) dengan Teknik Informatika (TI). Maklum saja, karena kedua jurusan tersebut sekilas mirip dan sama-sama mempelajari dasar pemrograman.

Meskipun terlihat mirip, sebenarnya jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika memiliki fokus yang berbeda. Teknik Informatika lebih berfokus langsung pada pembuatan sistem, sedangkan Sistem Informasi lebih berfokus pada pengembangan dan analisis sistem. Jadi, Anda pilih SI atau TI?

Jika Anda hendak memilih jurusan Sistem Informasi, Anda perlu mengetahui beberapa hal mengenai jurusan ini. Berikut ini adalah beberapa pengertian Sistem Informasi dari beberapa forum yang ada di internet yang kami kutip dari www.spmblover.com:

Sistem informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi: operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak, & data.Sistem Informasi adalah sekumpulan perangkat keras, perangkat lunak, pengguna, prosedur, dan/atau aturan yang diorganisasikan secara integral untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusanSistem Informasi adalah satu kesatuan data hasil olahan yang terintegrasi dan saling melengkapi yang menghasilkan output (keluaran) baik dalam bentuk gambar, suara, ataupun tulisan.Sistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu. Dalam sistem informasi, perlu adanya klasifikasi alur informasi, karena keragaman akan kebutuhan suatu informasi oleh penggun. Karakteristik sistem informasi diantaranya fleksibel, efektif, & efisien.Sistem informasi adalah kumpulan antara sub-sub sistem yang saling berhubungan yang membentuk suatu komponen yang didalamnya mencakup semua komponen sistem informasi, seperti masukan-proses-keluaran, yang berhubungan dengan pengolaan informasi. Sehingga data yang telah diolah lebih berguna bagi penggunanya.Sistem informasi adalah kombinasi dari orang, data, proses, dan antarmuka yang berinteraksi mendukung & memperbaiki beberapa operasi keseharian dalam suatu bisnis, termasuk mendukung memecahkan persoalan serta kebutuhan pembuat keputusan & pengguna.Sistem Informasi adalah ilmu yang mempelajari mengenai berbagai konsep teori dan strategi penerapan sistem informasi dalam organisasi. Khususnya yang terkait dengan proses penciptaan, pengolahan, penyimpanan, pendistribusian, serta pengawasan data/informasi di seluruh tataran dan ruang lingkup sebuah organisasi.

Dari beberapa pengertian tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa jurusan Sistem Informasi menghasilkan lulusan yang mampu menganalisis kebutuhan bisnis, proses bisnis, & mendesain sistem pengelolaan informasi berdasarkan tujuan dari organisasi. Sehingga lulusan ini diharapkan mampu menjadi jembatan bagi orang “teknis” dengan klien atau pengguna dari salah satu bagian di sebuah perusahaan. Jika dibandingkan dengan Teknik Informatika yang lebih mengarah ke bidang perangkat keras dan arsitektur komputer, materi kuliah di jurusan Sistem Informasi terkadang mendekati bidang ekonomi.

Nah, untuk menambah referensi Anda seputar jurusan Sistem Informasi, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan jurusan Sistem Informasi. Anda bisa mempertimbangkan beberapa kelebihan dan kekurangan yang akan kami jelaskan di bawah dalam memilih jurusan yang berkaitan dengan komputer. Baiklah, mari kita mulai pembahasannya.

Dibandingkan dengan jurusan lain, khususnya jurusan yang berkaitan dengan komputer, jurusan Sistem Informasi memiliki beberapa kelebihan yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih jurusan ini, diantaranya:

1. Lebih berfokus pada pemahaman dalam pengembangan dan juga maintenance sistem informasi

Di jurusan Sistem Informasi, Anda akan mempelajari kemampuan yang tidak banyak dimiliki jurusan lain. Diantaranya, kemampuan untuk mendefinisikan serta menganalisa kebutuhan sistem informasi di dalam sebuah organisasi.

Untuk mencapai hal tersebut, Anda akan diajarkan untuk mengembangkan sistem informasi untuk memperkaya teori, metode dan paradigma yang telah eksis, merencanakan proyek pengembangan sistem informasi dari sebuah organisasi, memonitor proyek pembuatan kontruksi teknologi informasi sebagai komponen utama dalam sistem informasi, mengelola pemeliharaan sistem informasi (termasuk maintenance, supports/dukungan, dan services/pelayanan) yang telah diterapkan dalam sebuah perusahaan atau organisasi, mengembangkan metode baru yang dapat dipergunakan sebagai dasar perencanaan dan pengembangan proyek sistem informasi.

2. Tidak terlibat langsung pada hardware

Karena Sistem Informasi lebih condong ke pengembangan sistem, maka mahasiswa jurusan Sistem Informasi tidak akan terlibat langsung pada perangkat keras. Meskipun begitu, ilmu dasar mengenai perangkat keras harus dikuasai agar bisa menentukan perangkat keras yang hendak digunakan dalam sistem yang akan diterapkan.

3. Analisis program

Materi di jurusan sistem informasi lebih difokuskan untuk menganalisa kebutuhan akan sistem dari suatu perusahaan dan menrancang sistem yang sesuai kebutuhan dan tujuan untuk perusahaan. Sehingga, selain belajar teknik pemograman, Anda juga akan mempelajari proses bisnis yang ada dalam perusahaan.

4. Terdapat mata kuliah bisnis yang terkait dengan sistem informasi

Jika Anda melihat daftar mata kuliah Sistem Informasi, terlihat akan lebih mengarah ke penerapan sistem berbasis komputer untuk dunia bisnis dan manajemen. Hal tersebut karena kemampuan lulusan Sistem Informasi yang harus menjadi “penengah” dan jembatan bagi orang teknis dengan pengguna yang masih awam soal komputer.

5. Ilmu terkait teknik, bisa didapatkan dari mata kuliah peminatan

Meskipun keliatannya jurusan Sistem Informasi tidak berkaitan dengan teknik pemrograman, Anda masih bisa kok mengambil mata kuliah pemrograman di jurusan Sistem Informasi. Anda bisa memilihnya pada mata kuliah peminatan yang disediakan oleh fakultas.

6. Lulusan SMA IPS bisa masuk

Sebagai informasi, beberapa universitas masih memperbolehkan lulusan SMA IPS untuk masuk ke jurusan Sistem Informasi. Hal tersebut jelas berbeda dengan jurusan Teknik Informatika yang mewajibkan pendaftarnya dari lulusan SMA IPA.

7. Jenjang Karir yang Menggiurkan

Setelah Anda lulus dari jurusan Sistem Informasi, peluang Anda untuk bekerja cukup luas. Seiring perkembangan zaman, perusahaan membutuhkan pengembangan sistem yang fleksibel, efektif, dan efisien. Nah, lulusan Sistem Informasi cakupan kerjanya dapat mengakomodir hal tersebut, karena fungsi sistem informasi lebih terfokus pada pengembangan sistem, implementasi sistem informasi, dan juga maintenance sistem informasi.

Setelah tadi kami membahas mengenai kelebihannya, berikut kekurangan dari jurusan Sistem Informasi yang perlu Anda ketahui:

1. Ilmu teknik tidak terlalu mendalam

Jurusan Sistem Informasi berfokus pada pengembangan dan segala hal yang terkait dengan Sistem Informasi, dan teknik pemrograman dan perangkat lunak lebih condong menjadi fokus tambahan. Jika Anda lebih ingin membuat ketimbang merencanakan, sebaiknya Anda tidak memilih jurusan Sistem Informasi.

2. Kurang direkomendasikan untuk Anda yang ingin jadi programmer

Jika Anda bercita–cita menjadi seorang programmer, lebih baik memilih jurusan Teknik Informatika ketimbang Sistem Informasi. Krn mata kuliah yang ada di Sistem Informasi tidak selalu berkaitan dengan programming.

Setelah Anda membaca kelebihan dan kekurangan jurusan Sistem Informasi yang telah kami sampaikan, kini tinggal Anda yang memutuskan apakah tertarik untuk memilih Sistem Informasi, atau jurusan lain yang berkaitan dengan komputer. Sekian artikel kami kali ini. Semoga artikel kami bisa membantu Anda dalam mempertimbangkan beberapa jurusan yang terkait dengan komputer, khususnya jurusan Sistem Informasi

Thanks for reading 7 Kelebihan dan 2 Kekurangan Jurusan Sistem Informasi yang Perlu Anda Tahu

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment