Home » » 7 TIPS SERU MENJADI UI DESIGNER

7 TIPS SERU MENJADI UI DESIGNER

Sesuai namanya UI yang merupakan singkatan dari user interface ialah tampilan (interface) suatu produk digital. Nah, seorang UI designer bertugas untuk membuat tampilan tersebut sebagus dan semenarik mungkin. Produk digital yang dimaksud bisa berupa website, aplikasi, smartwatch, smart TV, dan lain – lain. Fokus dari seorang UI designer adalah user dan interface-nya. Simaklah 7 tips untuk menjadi UI Designer berikut ini!

Perhatikan ‘user’ dan ‘interface’

Seorang UI Designer harus memperhatikan kepentingan keduanya dan mencari jalan tengahnya.Kata User ditempatkan di depan kata Interface karena UI yang baik selalu memperhatikan dan mengutamakan user. Seorang UI yang baik akan membantu user dalam menggunakan suatu produk dan membuat user nyaman menggunakannya dengan tampilan yang menarik dan juga mudah dipahami.

 

Mulailah membuat UI

Langkah pertama untuk menjadi UI Designer adalah mencoba untuk membuat UI. Ada banyak software yang bisa Anda gunakan seperti Photoshop ataupun GIMP. Jika Anda bingung untuk menemukan ide, Anda bisa browsing di situs seperti dribbble.com, behance.net, atau kreavi.com. Banyak sekali desain UI disana. Dengan berlatih membuat desain yang sudah ada, hal itu akan membuat Anda familiar dengan UI.

 

Pahami media yang digunakan

Media yang digunakan oleh seorang UI desainer sangatlah berbeda dengan media cetak. Jika di media cetak medianya tidak terbatas, pada digital medianya terbatas. Saat ini, desain web yang ada dibuat simpel dan tidak rumit. Untuk ukuran media, jelas beda dengan print. Desain print minimal resolusinya 150 dpi hingga 300 dpi. Kalo digital 72 dpi saja. Slicing, di media print ngga ada istilah slicing, di media digital ada. Dan ini sejatinya tugas desainer. Kalo print itu menyiapkan final design dengan final artwork, nah kalo desain web/mobil app dengan slicing, yaitu memotong – motong (slice) part-part dari desain. Misal button, header, image, itu dipisah-pisah lagi.

 

Ikuti perkembangan trend

Jika pada desain grafis tidak mengikuti trend, beda halnya dengan desain web / mobile app. Trend dalam website yang sudah pernah itu, trend background bertekstur, flash, website yang layoutnya unik, header atau footer yang membentuk suatu gambar atau ilustrasi (misal footernya gambar tanah dengan pohon-pohonnya), hingga yang sekarang desain flat/modern. Maka dari itu, sebagai seorang UI desainer haruslah bisa mengikuti trend yang sedang berlangsung dengan banyak mencari referensi dari berbagai hal.

 

Biasakan membuat wireframe

Wireframe berfungsi sama seperti dengan sketsa pada desain web / appWireframe ini bisa dicoret-coret tangan atau pake tools/app khusus bikin wireframe. Pada wireframe, seorang UI designer dapat membuat sketsa kasar tampilan web / app per halaman. Dengan sering membuat wireframe, maka seorang UI designer akan semakin terbiasa dan memiliki ide yang semakin kaya.

 

Posisikan diri sebagai user

Sebagai seorang UI designer, Anda tidaklah dituntut untuk membuat desain sebagus atau sekeren mungkin. Tapi, bagaimana membuat desain sebuah aplikasi / website yang menarik dan mudah digunakan, itulah yang penting. Bukan hanya pada saat itu juga, tapi pikirkanlah juga apabila ada penambahan kategori dan perubahan layout, apakah desain UI-nya akan tetap mudah digunakan.

 

Kemampuan untuk menganalisis masalah dan dan menghadapi konflik

Tidak berhenti sampai disitu, seorang UI designer juga harus mampu memiliki berbagai kemampuan lainnya. Dalam menghadapi setiap permasalahan yang muncul, ia harus mampu untuk menghadapi konflik yang mungkin saja muncul saat proses pembuatan produknya. Jangan pernah malu untuk bertanya dengan orang yang lebih ahli jika ada hal yang kurang dimengerti, dan juga milikilah kemampuan untuk mendengar dan menganalisis dengan baik sehingga dapat diinterpretasikan ke dalam pengembangan UI itu sendiri

Thanks for reading 7 TIPS SERU MENJADI UI DESIGNER

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment