Home » » SIMAK BERBAGAI TIPS & CARA MENJADI SUTRADARA FILM

SIMAK BERBAGAI TIPS & CARA MENJADI SUTRADARA FILM

Menjadi seorang sutradara tentunya merupakan hal yang tidak mudah. Selain harus mampu memegang kendali dalam proses pembuatan sebuah film, sutradara juga bertanggungjawab untuk mengarahkan proses pengambilan semua adegan. Tentunya dalam pembuatan sebuah film, seorang sutradara tidak bekerja sendirian. Ia dibantu oleh asisten sutradara (astrada) dan seluruh kru produksi film tersebut. Buat kalian yang berminat untuk menjadi sutradara, akan kita bahas berbagai tips dan cara untuk menjadi sutadara, seperti berikut ini.

1. Temukan keinginan utamamu

Sebagai seorang sutradara, tentunya harus ada sebuah ‘identitas’ yang melekat dalam diri. Entah itu tergantung dari minat pribadi, ataupun imajinasi yang sering terlintas dipikiran kamu tentang film yang kamu idamkan. Hal ini penting karena sutradaralah yang akan paling tahu seperti apa imajinasi dari adegan sebuah film secara detail.

2. Menonton film secara kritis

Sudah tentu bahwa untuk menjadi seorang sutradara kamu harus senang menonton film. Bukan hanya suka, tetapi dapat mengkritisi setiap film yang kamu tonton. Dalam sebuah film, tentunya ada banyak hal yang dapat dikritisi. Sebagai seorang calon sutradara, kamu bisa mulai mempelajari bagaimana sebuah film itu disajikan kepada penonton, dan dibagian mana saja yang masih terdapat kekurangan.

3. Mulai membuat film pendek dan documenter

Kamu tidak harus memulai ‘karir sutradara’-mu sebagai pembuat film besar. Dengan sekedar film pendek atau documenter saja, bisa melatihmu mengasah kemampuan untuk menjadi seorang sutradara yang andal. Kumpulkan teman – temanmu di waktu luang dan arahkan untuk membuat sebuah film pendek tentang suatu hal yang sederhana saja.

4. Membaca naskah – naskah lain

Membaca naskah yang telah ditulis orang lain adalah cara yang baik untuk menghidupkan cerita. Ketika kamu membaca naskah orang lain, cobalah memikirkan detail-detail tentang bagaimana kamu akan mengambil setiap adegan. Contohnya, jika ada adegan kebakaran, pikirkan bagaimana kamu akan mengarahkan orang untuk berlari menyelamatkan harta bendanya.

5. Mengikuti sekolah atau kursus film

Saat ini sudah banyak sekali sekolah ataupun tempat kursus yang menyediakan jurusan perfilman dengan kurikulum yang beragam sesuai dengan yang kamu minati. Dengan mengambil pendidikan secara formal, kamu akan belajar dari ahlinya secara langsung serta mengetahui aturan dan konsep – konsep dasar perfilman, bahkan dengan standar internasional.

6. Ikut ambil bagian sebagai kru produksi film

Menjadi sutradara bukanlah pekerjaan yang sangat mudah didapatkan. Bahkan kebanyakan di antara mereka mulai sebagai tenaga pembantu, operator kamera, atau menjalankan peran-peran lain sebagai bagian dari kru produksi. Jika kamu berkesempatan untuk sekolah film, carilah program magang yang memungkinkanmu untuk terlibat dalam produksi sebuah film. Hal ini juga akan menambah pengalamanmu dalam dunia film.

7. Ikuti Kompetisi Festival Film

Jika kamu sudah memiliki karya, jangan hanya didiamkan atau ditunjukkan ke orang terdekatmu. Bawa saja film karyamu untuk diikutkan ke Festival Film yang banyak diselenggarakan dimana – mana. Bahkan XXI juga sekarang menyelenggarakan festival film bagi kamu yang ingin mengasah kemampuanmu sebagai sutradara.

 

8. Membuat dan melengkapi portofolio

Portofolio adalah daftar semua proyek yang pernah kamu sutradarai, jadi pastikan isinya memukau. Meskipun isinya hanya sekedar film – film pendek ataupun documenter, namun kamu bisa membuatnya secara maksimal. Portofolio juga berisi daftar riwayat hidup, data diri, berbagai pengalaman, serta hal – hal penting tentang diri kamu.

9. Sabar, tekun, dan mengembangkan kreatifitas

Karakter inilah yang harus kamu miliki meskipun belum berhasil menjadi seorang sutradara yang besar. Setiap kegagalan adalah hal yang wajar, namun kamu harus tetap sabar dan tidak putus asa dalam meraih impianmu. Bahkan seorang pemain film biasanya akan jauh lebih dikenal daripada para pemain filmnya, tapi hal itu sudah wajar. Kamu harus tetap tekun mengembangkan ide dan kreatifitas dalam membuat sebuah film. Walaupun mungkin idemu dianggap gila dan tidak realistis untuk difilmkan, buktikan bahwa kamu mampu melakukannya.

Kamu bercita-cita menjadi seorang sutradara? Mau belajar jadi filmmaker? Tertarik dengan dunia film? IDS | International Design School menyediakan Sekolah Film dan Kursus Film, lho! Kamu bisa wujudkan impian kamu menjadi FilmMaker.

 

 


Thanks for reading SIMAK BERBAGAI TIPS & CARA MENJADI SUTRADARA FILM

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment