Home » » Menghilangkan Vokal di Lagu Dengan Audacity Untuk Karaoke

Menghilangkan Vokal di Lagu Dengan Audacity Untuk Karaoke

Excel berhasil membuat skrip subtitle karaoke, tetapi belum berhasil menghilangkan vokalnya. Tentu saja, Excel bukan program audio. Vokal akan kita hapus atau hilangkan dengan Audacity, sebuah program audio bagus yang cukup canggih, mudah mengoperasikannya, dan free .

Menghilangkan vokal gampang-gampang susah. Kalau saat rekaman stereo vokal berada di satu kanal dan musik di kanal lain, itu soal mudah. Hapus kanal vokalnya saja. Beres. Sekarang sudah jarang rekaman dengan cara ini.

Menghilangkan Vokal

Metoda ‘Invert’

Untuk vokal dan musik yang direkam bersama di kedua kanal, yang pasti ada dan sama adalah vokalnya. Musiknya berbeda (yang sama sedikit). Jadi kalau vokal di salahsatu kanal di’invert’ (dibalik, berlawanan) diharapkan dapat menghapus vokal di kanal satunya. Hilang ‘deh vokalnya.

Buka lagu ‘Sio Mama’ di Audacity.
Klik menu ‘track’ atau kanal (bintik merah).
Pilih “Split Stereo Track”.
Klik lagi dan setting ‘mono’ untuk keduanya.
Aktifkan (klik) salahsatu ‘track’ (mis. Right).
Klik menu ‘Effects’, klik “Invert”.
Putar lagunya dan hilang!
Simpan lagu, ‘blok’ kedua kanal [Ctrl] [A]
Klik ‘Export’, siap dipakai latar karaoke.

Tetapi hasil sepertinya kurang memuaskan. Sebagian suara instrumen musik hilang turut terhapus sehingga musik terdengar ‘kering’.

Metoda ‘Band’

Ada satu plugin Audacity untuk menghilangkan vokal dengan kualitas lebih baik, Center Pan Remover. Salin berkas ‘centerpanremover.ny’ dan paste di folder Plugin Audacity.

Jalankan Audacity.
Buka lagunya, tidak perlu di’split’.
Klik menu [Effect].
Klik menu [Center Pan Remover].
Pindahkan setting ke ‘0’ (‘band’).
Geser slider batas frekuensi batas bawah.
Geser slider batas frekuensi batas atas.
Klik [OK] atau [Debug].
Putar lagunya, lebih oke sekarang?
Simpan dengan klik ‘Export’.

Frekuensi batas bawah dan batas atas adalah frekuensi vokal penyanyi yang akan dihilangkan. Tentunya nada instrumen musik yang berada di dalam zona ini juga turut terhapus. Sebagai acuan bisa diambil mulai batas suara pembicaraan orang (seperti di telepon) sekitar 300 ‘Hz’ (batas bawah) dan 3400 ‘Hz’ (batas atas). Batas pendengaran manusia adalah 20-20.000 Hz.

Setting ‘1’ (‘channel’) hasilnya mendekati ‘invert’ Audacity. Data frekuensi batas bawah dan batas atas di kotak tidak berlaku.

Bagaimana pun vokal tidak mungkin hilang 100%.

Hasil

Suara musik karaoke berikut adalah gabungan tiga lagu, detik ke 0 original, detik ke 15 invert, detik ke 30 band. Bandingkan.

Pemutar Audio

00:00

00:00

Bunyi instrumen metoda ‘band’ tidak se’kering’ ‘invert’ tetapi tetap tidak bisa menyamai musik asli. Cari kompromi batas frekuensi ‘band’ di mana suara vokal masih bisa diterima tanpa menggangu kita yang mau menyanyi, untuk memperoleh suara musik seutuh mungkin.

Sekarang tinggal mengulang membuat klip video dengan musik latar baru tanpa vokal ini. Sempurna sudah klip video karaoke kita!

Fitur Audacity Lainnya

Konversi stereo ke mono

Bukankah kita sudah melakukannya tadi, klik setting masing-masing kanal menjadi ‘mono’? Untuk penyimpanan, blok ke dua kanal ‘mono’ dengan [Ctrl]-[A], klik menu [Project]-[Quick Mix] (jadi satu gelombang saja), lalu ‘Export’. Kalau dibuka nanti, lagu atau musik hanya berisi 1 kanal mono saja.

Plugin

Senang main-main efek audio? Plugin Audacity menghasilkan efek ‘pan’ (perpindahan suara dari kanal kiri ke kanan atau sebaliknya), dan banyak lagi, ada di Audacity Plugins download.

Silakan manfaatkan

Thanks for reading Menghilangkan Vokal di Lagu Dengan Audacity Untuk Karaoke

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment